7 Manfaat Sekolah yang Penting Diketahui

Anda sebagai orang tua ingin menyekolahkan anak Anda? Baca dulu pembahasan dalam artikel kami ini untuk menambah wawasan Anda.

Ada beberapa manfaat sekolah yang harus diperhatikan. Terutama bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya pertama kali. Pendidikan di sekolah sangat bermanfaat untuk generasi muda kedepannya. Yang dimaksud sekolah adalah dengan memasukkan anak di instansi pendidikan formal yang sudah diakui oleh Dinas Pendidikan sehingga ketika anak berhasil lulus dari belajarnya akan mendapatkan ijazah yang menjadi bukti tertulis jika si anak sudah selesai belajar di instansi pendidikan tersebut. 

Continue Reading

Masih Lupa Pembayaran Uang Sekolah?

Di era globalisasi saat ini, seluruh aspek kehidupan kita sudah tidak dapat terpisahkan lagi dari penggunaan teknologi dan internet, bahkan inovasi penggunaan teknologi tersebut sudah mulai merambah  bidang pendidikan. Di Indonesia, sudah banyak sekolah di kota besar yang mengimplementasikan sistem informasi administrasi dan akademik berbasis online yang efektif dan efisien.

Sebelum sistem ini diterapkan biasanya ada beberapa hal yang dilupakan oleh orangtua, antara lain:

  1. Lupa jatuh tempo pembayaran SPP sekolah
  2. Lupa jatuh tempo cicilan uang gedung/uang kegiatan

    Continue Reading

Masih perlu manajemen keuangan secara digital di sekolah?

Tidak dipungkiri selama ini sebuah sekolah berjalan itu membutuhkan dana. Dan bidang keuangan di sekolah juga mempunyai pekerjaan yang tidak bisa diabaikan. Secara umum, bidang keuangan di berbagai lembaga memiliki tugas yang sama. Khususnya di sekolah, berikut tugas-tugas bidang keuangan yang dapat lihat seperti:

  • Memastikan pembayaran sekolah dari orang tua.
  • Mencatat dan menagih pembayaran uang sekolah yang terlambat.

    Continue Reading

PERINTAH PUN INGIN BERKEMBANG

Selamat pagi insan pendidikan Indonesia. Baru-baru ini ternyata pemerintah menyelenggarakan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) bekerja sama dengan Bandung Trust Advisory Group (B-Trust) ini berlangsung di  Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta, Kamis (16/6). 

Continue Reading

Bagaimana Cara Memotivasi Anak Untuk Belajar?

Apakah kita menyadari bahwa anak-anak perlu di motivasi dalam belajar?
Bapak-ibu guru pasti tidak henti-hentinya selalu memberikan motivasi kepada para siswa-siswinya supaya tidak terus meningkatkan semangat untuk belajar.

Tetapi disisi para siswa justru sudah banyak yang merasa tidak cocok dengan mata pelajaran tertentu. Seberapa sering kita mendengar ucapan Aku benci matematika atau Aku tidak mau mengerjakan PR dan aku tidak suka sekolah. Coba bayangkan apa yang dirasakan para siswa-siswi tersebut? Tidakjarang orang tua juga mendorong dengan memberikan les pelajaran yang tidak disukai oeh anak tersebut. Dan hal yang terjadi justru anak-anak semakin muak terhadap pelajaran yang dia tidak suka itu.

Continue Reading

Digitalisasi Sekolah, bikin Ayah senang (Part 3)

“Terkait dengan sekolah kita menerapkan digitalisasi sekolah atau memasuki Sekolah 4.0, kami salah satunya ada program Digital Teknologi Metaverse, salah satunya putra bapak akan kami libatkan secara khusus dalam program ini. Isi program Digital Teknologi Metaverse salah satunya pemrograman games. Nanti Andi yang akan memimpin dan memilih team buat kompetisi games tingkat nasional mewakili sekolah. Apakah bapak mengijinkan kami melibatkan Andi?”, ini permintaan pak Budiman.

Aku sendiri kaget mendengar pemaparan pak Budiman, beliau sambil tersenyum ke arahku. Belum sempat ayah menjawab, pak Budiman bercerita kalau aku sebenarnya sudah diketahui memang ahli dalam bermain games,khususnya games strategi. Oleh karena itu sekolah yakin akan keberhasilannya dalam memenangkan lomba bila aku yang pegang. Dan jangan khawatir dengan akademiku bila aku nanti pegang peran ini, sekolah pasti akan membantu maksimal dalam akademiku. Sesaat aku merasa kalau kali ini ayah menatapku langsung. Aku hanya bisa tersenyum aja saat ayah menatapku.

 

Continue Reading

Digitalisasi Sekolah, bikin Ayah senang (Part 2)

Suatu malam, diisaat kumpul makan malam seperti biasa Ayah mulai menanyakan kepada anak-anak kegiatannya seharian di sekolah hari ini. 

Anton, kapan jadinya tempatmu ada tes tengah semester?”, tanya ayah pada Anton.

Dan saat itu aku memperhatikan Anton dengan bangga diri menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan ayah selanjutnya. Demikian juga ekor mataku menangkap kesiapan Intan untuk menjawab pertanyaan dari ayah. Mereka berdua selalu antusias bila menjawab pertanyaan ayah tersebut.

Intan, bagaimana persiapan kamu untuk olympiade bulan Mei tahun ini?”, tanya ayah pada Intan.

Dengan gaya centil dan riangnya Intan menjawab pertanyaan ayah. Terlihat dia sangat antusias sekali kalau bercerita tentang lomba-lomba fisika itu. Memang terlihat dia sangat menguasai dan sangat termotivasi bila membicarakan fisika. Aku saja pernah minta tolong dia untuk mengerjakan PR fisika-ku waktu dulu. 

“Andi, Senin nanti ayah yang akan ikut rapat orang tua murid bulan ini, semoga kamu tidak ada masalah lagi yang bikin ayah malu”, demikian ayah sekilas bicara sama aku. Maka aku menanggapinya hanya dengan mengangguk saja, seperti biasa yang aku lakukan. Tapi kali ini aku sedikit kaget, biasanya yang mengurusi yang terkait sekolahku itu ibuku, kok kali ini ayah yang akan berangkat.

Continue Reading

Digitalisasi Sekolah, bikin Ayah senang (Part 1)

Perkenalkan namaku Andi, aku anak kedua dari 3 bersaudara. Aku lahir dan hidup dalam keluarga yang cukup, ayahku seorang pengusaha di kota metropolitan ini. Sementara ibuku juga wanita sibuk dalam karirnya di sebuah perusahaan BUMN ternama di negara ini. Kakakku bernama Anton yang bersekolah di sebuah SMU international school ternama dikota ini. Sedangkan Intan, adikku itu juga gadis dengan paras cantik dan cerdas, terbukti dia sering ikut lomba olimpiade fisika. 

Intan ini cukup terkenal prestasinya di bidang fisika. Dia baru kelas 2 SMP di sebuah sekolah negeri ternama di kota ini, tetapi sudah pernah memenangkan olimpiade tingkat Asia yang diselenggarakan di Singapura. Hal ini sering diangga-banggakan samaayah dan ibu. Terlebih-lebih ayah, bila ada pertemuan keluarga besar maka dia tidak henti-hentinya berceriat dengan bangga tentang Intan sama saudara-saudaranya.

Sementara Anton ini memang anak yang berprestasi sejak kecil, di sekolah dia selalu juara 1. Bahkan bila habis semesteran, ibu bisa membahasnya di meja makan tentang prestasi Anton selama seminggu. Bahkan dengan prestasi Anton yang gemilang ini ayah selalu mengatakan akan mengkuliahkan dia di tempat ayah dulu kuliah. Ayahku dulu kuliah di Harvard University. Dia juga orang jenius dalam ekonomi, maka usahanya sukses luar biasa. 

Continue Reading