Website kAmadeva
Halaman Depan - News and Articles

News and Articles


SISKO adalah Program Komputer berupa Software Sistem Informasi Manajemen Sekolah berbasis web yang dapat di coba secara online dan detail informasinya dapat di download disini, sebagai solusi Administrasi Terpadu untuk Sekolah, yang mencakup berbagai modul terintegrasi dan bersifat Multiuser sehingga Software Sekolah SISKO dapat diakses oleh semua Siswa, Guru dan Karyawan di sekolah.


Wamendikbud: Karakter Seseorang Dilihat Melalui Pendidikan Jun 10, 2013 +02:58:16
##Karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar, melalui proses yang tidak instan,tercermin dan menjadi contoh dari aktivitasnya sehari hari

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim menyatakan karakter seseorang dapat dilihat dari pendidikannya, yang tercermin dan menjadi contoh dari aktivitasnya sehari-hari.

"Karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar hari demi hari melalui suatu proses yang tidak instan," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, di Padang, Minggu (9/6/2013).

Menurut dia, pendidikan karakter sangat menjanjikan untuk menjawab persoalan pendidikan di Indonesia. Namun, dalam tataran praktik, sering kali terjadi bias dalam penerapannya.

"Pendidikan karakter merupakan upaya yang harus melibatkan semua pemangku kepentingan dalam pendidikan, baik pihak keluarga, sekolah dan lingkungan sekolah, dan juga masyarakat luas," ungkap dia.

Musliar Kasim mencontohkan Unand Padang yang telah membentuk program SAPS (Student Activities Performance System), yakni semua mahasiswa Unand harus terlibat kegiatan apa saja di dalam kampus, boleh menjadi panitia, ataupun Ketua Senat mahasiswa. "Mahasiswa diajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang jujur dalam berorganisasi," jelas dia.

Dia mengatakan, pendidikan karakter berarti melakukan usaha sungguh-sungguh, sistematik, dan berkelanjutan untuk membangkitkan dan menguatkan kesadaran serta keyakinan semua orang Indonesia bahwa tidak akan ada masa depan yang lebih baik tanpa membangun dan menguatkan karakter rakyat Indonesia.

"Dengan kata lain, tidak ada masa depan yang lebih baik yang bisa diwujudkan tanpa kejujuran, tanpa meningkatkan disiplin diri, tanpa kegigihan, tanpa semangat belajar yang tinggi, tanpa mengembangkan rasa tanggung jawab, tanpa memupuk persatuan di tengah-tengah kebhinekaan, tanpa semangat berkontribusi bagi kemajuan bersama, serta tanpa rasa percaya diri dan optimisme," kata dia.

Menurut dia, pendidikan karakter diarahkan untuk dapat membangun kepribadian bangsa. Mengarahkan bangsa Indonesia menjadi bangsa dengan karakter tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain di dunia.

"Pendidikan mengarahkan manusia menjadi lebih baik. Karakter yang diharapkan menjadi identitas tunggal yang menunjukkan bahwa seseorang adalah orang Indonesia," ujar dia.

Karakter pendidikan diperlukan untuk memperlihatkan jika model-model pendidikan di Indonesia mampu membentuk karakter peserta didiknya. "Oleh sebab itu, pendidikan berperan untuk membimbing anak agar tidak lepas dari rel-rel peradaban, dan pengayaan nilai-nilai kemanusiaan sehingga ini mampu menumbuhkan sikap untuk bertenggang rasa, bersolidaritas, dan bertoleransi antarsesama," ungkap Musliar Kasim.

Dia menambahkan, pendidikan karakter memiliki peran yang strategis bagi pembentukan karakter bangsa, sejatinya pendidikan karakter akan menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas, bermoral, dan beretika. "Pada akhirnya, dengan pendidikan karakter dapat meningkatkan semua potensi kecerdasan manusia Indonesia," kata dia.

(writer : kompas.com)
June 10, 2013 +02:58:16

back....

Berita Lainnya :

Live Support
088806117755 Senin s/d Jumat
08.00 - 17.00
++++++++++
WHATSAPP :
RFE
088806117755
+++++++++
RFBF
Informasi

Dengan mengisikan data dibawah ini, informasi dan link proposal akan di kirimkan ke email Anda