Website kAmadeva
Halaman Depan - News and Articles

News and Articles


SISKO adalah Program Komputer berupa Software Sistem Informasi Manajemen Sekolah berbasis web yang dapat di coba secara online dan detail informasinya dapat di download disini, sebagai solusi Administrasi Terpadu untuk Sekolah, yang mencakup berbagai modul terintegrasi dan bersifat Multiuser sehingga Software Sekolah SISKO dapat diakses oleh semua Siswa, Guru dan Karyawan di sekolah.


Jusuf Kalla Dorong Kerjasama Pendidikan Indonesia-Turki Apr 08, 2013 +05:17:22
##kunci untuk memajukan pendidikan di Indonesia adalah adanya dukungan penuh dan bantuan masyarakat

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam kunjungannya ke Turki bertemu dengan Direktur Fatih College Mustafa Ozcan. JK dan Mustafa saling bertukar pengalaman mengenai perkembangan pendidikan di kedua negara.

Fatih College merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta terbesar di Turki. Mereka tidak hanya mendirikan sekolah di Turki tetapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Saat ini, kami telah mendirikan sekitar 1.500 sekolah di 160 negara," kata Mustafa, kemarin,  seperti dilaporkan wartawan Kompas M Fajar Marta dari Istanbul, Turki, Senin (8/4/2013) pagi ini.

Di Indonesia, ada sembilan sekolah yang dibangun Fatih College yang tersebar di sejumlah kota. Konsep pendidikan yang ditawarkan Fatih College adalah pendidikan modern yang dipadukan dengan pendidikan akhlak bersendikan nilai-nilai Islam.

Menurut Mustafa, pendidikan yang baik adalah yang menggabungkan pendidikan formal dengan pendidikan agama.

Sekolah-sekolah Fatih College dilengkapi asrama siswa, sehingga siswa benar-benar fokus menimba ilmu. Menurut Mustafa, pendidikan merupakan prioritas utama bangsa Turki di masa modern Republik Turki atau paskaruntuhnya pemerintahan Ottoman di Turki. Pembaharuan pendidikan di Turki dimotori oleh Muhammad Fetullah Gulen.

Salah satu hal yang menjadi kunci berkembangnya pendidikan di Turki adalah adanya visi yang sama antara pemerintah dan rakyat Turki. Masyarakat secara swadaya ikut membantu mendirikan tempat-tempat pendidikan dan asrama siswa.

Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia juga memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan. Banyak gerakan-gerakan pendidikan yang lahir di Indonesia sejak jaman pergerakan. Ormas-ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah juga aktif mendirikan sekolah dan pesantren. Hanya, JK mengakui kualitas pendidikan di Indonesia kalah jauh dibandingkan Turki.

"Kualitas inilah yang harus ditingkatkan, baik kualitas pengajarannya maupun infrastrukturnya," kata JK.

Menurut JK, kunci untuk memajukan pendidikan di Indonesia adalah adanya dukungan penuh dan bantuan masyarakat, seperti halnya di Turki. Menurut JK, mesjid-mesjid yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia bisa menjadi sentra-sentra pendidikan. "Mesjid juga bisa dikembangkan menjadi sentra wirausaha dan kesehatan masyarakat," kata JK yang juga menjabat Ketua Dewan Mesjid Indonesia.

Dari mesjid diharapkan lahir para entrepreuner sehingga kesejahteraan rakyat meningkat. Meningkatnya kesejahteraan pada akhirnya juga akan mendorong kualitas pendidikan dan menghilangkan aksi-aksi radikal yang merusak.

Mustafa menambahkan, visi Fatih College adalah membangun generasi yang membawa kemashalahatan bagi umat manusia, tidak hanya di Turki, tetap juga di dunia. "Dunia banyak dipenuhi oleh idiologi dan pemikiran yang merusak, sehingga dunia menjadi tidak aman dan damai. Para lulusan Fatih College diharapkan bisa membawa perdamaian dan kemajuan dunia. Misi kami adalah memberantas kebodohan, kemiskinan, dan perpecahan," katanya.

Menurut Mustafa, bangsa-bangsa yang penduduknya mayoritas Islam seperti Turki dan Indonesia tidak boleh kalah dari bangsa barat. Caranya adalah memacu pendidikan di negara-negara berbasis Islam.

Mustafa berpendapat, Indonesia berpotensi menjadi negara besar yang berpengaruh di dunia. Indonesia menjadi topik pembicaraan di mana-mana. "Bahkan sekarang, universitas-universitas di negara-negara maju umumnya mengajarkan mata kuliah tentang Indonesia," katanya.

Dalam kunjungannya ke Turki, JK didampingi antara lain oleh mantan menteri Hukum dan HAM Hamid Awaludin.

JK dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla akan berada di Turki sampai tanggal 12 April 2013, dengan sejumlah kegiatan diantaranya memberikan kuliah umum tentang perdamaian di Fatih University Istanbul dan Hattecepe University di Ankara



(writer : kompas.com)
April 08, 2013 +05:17:22

back....

Berita Lainnya :

Live Support
088806117755 Senin s/d Jumat
08.00 - 17.00
++++++++++
WHATSAPP :
RFE
088806117755
+++++++++
RFBF
Informasi

Dengan mengisikan data dibawah ini, informasi dan link proposal akan di kirimkan ke email Anda